Tuesday, May 3, 2011

Bayar pajak motor di SAMSAT Keliling Jakarta Barat

Bruuurrr...w'sap...mau share pengalaman dikit...boleh nggak neh...kalo nggak boleh gw cabut neh...ya iya lah boleh...blog punya gw..sapa elo...ngelarang-ngelarang gw...waakaaka...nyantai brother.....just kidding....^^:peace...Tadi pagi pengalaman gw bayar pajak motor ndiri....tgl 3 tepat pajak motor gw abis...jadi belum telat...Jauh2 ari sebenernya gw udah urink-urink an..mau bayar dimana..ame sapa?gw kan nggak tau...gw warga baru di Jakarte..kalo di Bangka mah...gw tau(padahal di Bangka juga bokap yg bayarin wkwkkwkw..)
Oke..lanjut....sebenernya gw udah mau pake jasa calo buat bayar..gw udah tanya sana --sini dimana calonya..akhirnya dapet...3 calo gw dapetin dari temen2 gw....(tapi cuma satu sih kayaknya yg bisa dipercaya...)..Tapi kaa temen gw mending bayar ndiri...nggak susah..lagian biar tau katanya...wow...dia nantangin gw...gw jabanin...akhirnya cari2 internet..tanya2 ketemu juga gimana bayarnya
Rupanya bayarnya ntu musti di SAMSAT..SAMSAT beda loh ama kantor polisi..kayaknya...kalo jakarta barat samsatnya ntu di jalan daan mogot sana...gw juga nggak tau sih...tapi kalo mau dicari gampang lah..bisa tanya2 orang..teeetttt...

Bukan itu yg mau gw bahas...rupanya bisa bayar bayar di tempet laen..SAMSAT keliling...tapi dimana SAMSAT keliling...cari digoogle aja dulu 'samsat keliling jakarta'...terserah mau yg mana..sesuai motor ente...kalo gw sih jakarta barat...

Intinya kalo mau bayar di SAMSAT ntu cuma buat perpanjang STNK tahunan doank..kalo udah 5 tahunan(ganti plat)..nggak bisa..musti di SAMSAT ngak keliling ^^..trus kalo pajak nya telat..nggak bisa juga di samsat keliling..musti di samsat nggak keliling ^^CMIIW...(perpanjang SIM juga bisa loh...biasanya ada 2...STNK keliling ama SIM keliling...)CMIIW lagi...^^

Oke sekarang gw jelasin step2nya(aseekkkk...(jadi inget seseorang ^^ huuuuuu ^^)) buat bayar di SAMSAT Keliling...(11/12 lah ama SAMSAT nggak keliling...):

1. Persiapin dari rumah dulu:BPKB(asli + fotokopi),STNK(asli+copy),KTP pemilik sesuai BPKB(asli+copy),KTP yg mau bayar..ente berarti(asli+copy...copy doank sih yg dipake..tapi bawa aja lah buat jaga2 ^^...ada maling kaleee...jaga2 ^^)..maklum blai...motor gw pake nama kakak gw yg cakep n rajin menabung itu...gw kan imigran gelap dari Bangka ^^:..ampun bang fauzi...

2.Bawa pen,steples(jaga2 aja),helm,tongkat besi,batu bata,clurit ...loh..???mau tauran apa bayar pajak? wkkwkw...pen ama steples aja..pen yg paling penting...oke...

3.Berangkat dari rumah..pagi aja mendingan...subuh wkkww....bukanya jam 8 pagi deh kalo nggak salah..siang juga nggak apa2 sih..antreannya nggak gila2 an kok kayak gw nebus SIM gw di sidang...baca donk di bawah...postingan sebelumnya...

4.Siapin bensin,duit dari rumah(duit beneran jangan boongan...trus pake duit ndiri..jangan nyopet punya orang ^^)...cabut........

5.Di Jakarta barat SAMSAT keliling di LTC...deket glodok...pokonya sebelum glodok..kalo ente dari arah harmoni...sebelum sampe glodok...sebelah kanan..berarti seberangan ada gedung gede...tulisannya LTC...nah di depannya ada mobil samsat...masuk parkir dah ente..jangan lupa ambil karcis parkir..ntar gk bisa kluar lagi ^^

6.Nah di mobil itu ada 4 loket:copy,notice,kasir,STNK...tulisannya gitu di kaca mobilnya...itu berurutan dari kepala mobil sampe ekor mobil..

7.Ambil formulir pendaftaran di bagian copy...sebenernya itu buat fotokopi..tapi sekalian..makanya tadi gw bilang siapin dari rumah berkas2nya...lagian kayaknya mahal copy di sana...

8.Isi formulirnya..jangan nyontek yah ^^...makanya gw bilang bawa pulpen...biar gk usah pinjem ama orang..isi yg bener.kalo bingung ngisinya...angkat tangan..trus bilang.."pak saya nyerah...soalnya susah " wkwkkw..tanya orang lah...kalo nggak yah..ada contoh pengisiannya kok ..cari aja di deket2 mobil itu...

9.Udah diisi...antri dah di bagian notice...serahin formulir ama berkas2 loh...ntar yg diambil berkas loe semua kecuali BPKB asli..BPKB cuma kasih unjuk aja...jangan loe kasih ke dia..KTP asli tetep loe serahin yah..ktp pemilik motor...makanya gw bilang KTP asli gw nggak pake..soalnya udah ada fotokopinya...

10.Setelah berkas loe diterima di bagian notice ntar loe dikasih nomor antrian...kalo belum lengkap berkasnya..dibalikin..

11.Sekarang loe nunggu aja di bagian STNK...tunggu dipanggil sesuai antrian loe...

12.Kalo udah dipanggil loe kasihin aja no antrian lo...kalo nggak ada masalah ama berkas2 loe...misal STNK loe udah lewat 1 tahun dll...di balikin..trus dijelasin musti bagaimana...trus kalo berkas loe beres...dikasih slip pajaknya..isinya berapa yg harus loe bayar.gw sih kena 201.500 rupiah...

13.Trus loe langsung aja antri di bagian kasir...siapin duit pas..gw aja ngasih 202.000..nggak di kasih kembalian ^^..pake pas aja..

14.Udah deh loe serahin duit ama slip pajak tadi...ntar di kasih dah STNK loe(ada juga sih yg bayar tapi blum dikasih STNKnya..belum jadi soalnya..tapi ntar dipanggil lagi)

15.Sebelum loe pulang cek dulu...KTP asli loe...STNK..Surat pajaknya...udah dibalikin blom...

16.Kalo udah..jangan lupa bilang makasih..trus senyum..^^

17.Udah..abis itu terserah loe mau pulang atau mau kelayapan dulu...^^

18.Sebelum pulang rumah cek dulu barang2 loe..BPKB segala macem(jaga2 aja...itu barang berharga...)..

19.Udah..loe ke parkiran...ngapain..nyolong motor wakakkawkaka..pulang donk..jangan sering kelayapan...

20.Info tambahan..kalo telat bayar ntu dendanya 1 bulan,1 minggu ,1 tahun..sama bayarnya...kalo nggak salah denda rp.32.000..tapi musti di SAMSAT nggak keliling yah...


Oke itu lah yg dapat gw share...mudah2 an berguna buat hajat hidup orang banyak...Nggak ada salahnya kok bayar pajak sendiri...biar kita tau..jangan pake calo lagi kalo emank masih bisa kita urus sendiri.Oke lai...???

Orang bijak taat pajak...jangan telat bayar pajak...garuda tetap di dada...(????)

NB:Dari tadi ngomongin SAMSAT..SAMSAT singkatannya apaan sih???^_^




part 2 is here

Reactions:

1 comments:

>>20.Info tambahan..kalo telat bayar ntu dendanya 1 bulan,1 minggu ,1 tahun..sama bayarnya...kalo nggak salah denda rp.32.000..tapi musti di SAMSAT nggak keliling yah...
============
ngak ah.. 1 bulan masih bisa.. apalagi 3 bulan..
kl dah harus ganti stnk seh beda lagi
*gw khan bayar pajak

Post a Comment